Cegah banjir, Walikota Risma Tambah 7 Bosem

rismalemburl
Surabaya – Mengatasi banjir, menjadi salah satu perhatian Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Berbagai upaya terus dilakukan, perbaikan drainase hingga pembuatan bosem di kawasan langganan banjir.

Pejabat kelahiran Kediri ini mengungkapkan, Kota Surabaya saat ini sudah mempunyai 15 bosem, tahun ini jumlahnya akan bertambah 7 yang dalam proses pengerjaan.

“Kenapa bosem, fungsinya agar mengurangi beban pompa supaya berkurang. Kalau curah hujan besar dan tinggi maka pompa semakin berat dan operasionalnya juga besar,” ungkap Risma, Jumat (6/2/2015).

Walikota yang diusung PDIP itu juga mengungkapkan alasan lain pembangunan bosem dilakukan karena posisi Surabaya 5 meter dibawah pantai. “Jangan sampai air bawah tanah kita kering kemudian di inklusi air laut. Bosem juga berfungsi menjaga air bawah tanah kita. Kalau air bawah bagus kita bagus bisa memperkecil penurunan permukaan tanah,” ungkap dia.

Mantan Kepala DKP dan Bappeko ini mencontohkan kawasan Lidah Wetan yang sebelumnya langganan banjir kini sudah terbebas meski saat hujan ada genangan beberapa centimeter namun surut setelah hujan reda

“Disana saat hujan selalu tergenang. Prosesnya bosem itu untuk menangkap air supaya tidak langsung ke pompa. Setelah bosem over topping, baru air luberan itu lari ke saluran dan akan dipompa,” lanjut Risma sambil menambahkan pembuatan bosem sudah dilakukan sejak 3 tahun lalu.

15 bosem yang dimiliki Pemkot Surabaya, kata Risma, posisinya mayoritas berada di kawasan Surabaya Barat karena posisinya daerah yang lebih tinggi.

Selain posisi Surabaya 5 meter dibawah pantai, Kota Pahlawan merupakan hinterland dari empat kabupaten yakni Sidoarjo, Mojokerto, Gresik dan Lamongan yang kedudukan tanah keempatnya lebih tinggi yang membuat air hujan dari 4 kabupaten mengalir ke Surabaya melalui Kali Surabaya.

Tak hanya itu, Surabaya juga mendapat ‘kiriman’ air dari delapan gunung di wilayah Kabupaten Malang dan Kediri melalui Kali Brantas yang bermuara di Dam Gunungsari. Sedangkan kawasan Surabaya Barat terancam aliran air dari Bengawan Solo.

Cegah banjir, Walikota Risma Tambah 7 Bosem
ilustrasi/Foto: dok detikcom
Cegah banjir, Walikota Risma Tambah 7 Bosem
ilustrasi/Foto: dok detikcom

(ze/gik)

 
Sumber : detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Photo

Pengunjung

Pengunjung online : 0

Pengunjung hari ini : 15

Pengunjung kemarin : 18

Pengunjung minggu ini : 261

Total Pengunjung : 10187

WhatsApp chat