IDUL ADHA 1441H | DESA GUNUNGSARI

IMG-20200731-WA0015

World Health Organization (WHO) mengimbau agar perayaan hari raya Idul Adha harus tetap disertai protokol pencegahan COVID-19 di masa pandemi termasuk dalam pengelolaan hewan dan daging kurban.

“Menurut praktik umum yang aman saat menangani daging, negara-negara harus mengambil langkah ketat di sekitar penjualan dan pemotongan hewan dan distribusi daging sembari memastikan bahwa peraturan keamanan dan kebersihan makanan nasional ditegakkan,” tulis WHO dalam panduan panduan interim berjudul “Safe Eid al Adha practices in the context of COVID-19” pada 25 Juli lalu, dikutip Kamis (30/7/2020).

Hari raya kurban atau biasa kita sebut Idul Adha yang kita peringati tiap tahun tak bisa terlepas dari kisah Nabi Ibrahim. Pelaksanaan penyembelihan qurban, berkaitan erat dengan peristiwa penyembelihan Ismail oleh ayahnya Ibrahim. Disebutkan dalam Alqur’an, pada suatu malam, Nabi Ibrahim bermimpi, dia mendapat perintah dari Allah untuk menyembelih Ismail, putera kesayangannya yang merupakan anak semata wayang.

Tatkala Ibrahim akan menyembelih Ismail, Allah menggantikannya dengan seekor binatang (biri-biri). Peristiwa dramatis itu diabadikan oleh Allah dengan perintah menyembelih hewan qurban pada setiap Idul Adha sebagai simbol ketaatan, ketulusan, keberanian dan pengabdian yang paripurna kepada Allah. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Photo

Pengunjung

Pengunjung online : 0

Pengunjung hari ini : 4

Pengunjung kemarin : 194

Pengunjung minggu ini : 360

Total Pengunjung : 11800

WhatsApp chat
test4768